Langsung ke konten utama

Screen Shoot menggunakan SDK

Screen shoot terhadap handset android selain bisa menggunakan aplikasi yang diinstal di handset, bisa juga dengan menggunakan SDK dari PC. Kelebihannya adalah kita tidak membutuhkan akses root terhadap handset untuk melakukan instal aplikasi. Caranya sbb :
  1. Konek kan handset dengan PC menggunakan kabel data
  2. Masuk ke direktori ..\android-sdk-windows\tools di PC
  3. Jalankan file ddms.bat
  4. Setelah aplikasi "Dalvik Debug Monitor" dengan menampilkan handset kita, buka Tab Device > Screen Capture (atau tekan saja ctrl + S)
Spoiler for Screen Capture:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Install Firefox 4 beta di Ubuntu

Fitur utama dalam Firefox 4 beta :
New Tab
Sync (mirip dengan google chrome)
New Manage Add-Ons

Buka terminal, dan jalankan perintah berikut :

sudo add-apt-repository ppa:ubuntu-mozilla-daily/ppa
sudo apt-get update
sudo apt-get install firefox-4.0

Come Back Dengan Motorola Moto E3

Setelah sekian lama vakum dengan menulis, kali ini saya kembali lagi dengan tulisan mengenai Motorola Moto E3. Sebenarnya Moto E3 ini hape lama, yaitu tahun keluaran tahun 2016. Moto E3 ini di Indonesia dikenal dengan Moto E3 Power, karena memang mengandalkan baterai yang besar di jamannya.
Sebenarnya hape ini tidak bagus bagus amat dan tidak jelek jelek amat sih untuk ukuran harga segitu. Namun kalo dibanding dengan hape xiaomi yang harganya sekelas seperti Redmi Note 4 ya pasti lebih bagus xiaomi. Moto E3 ini menang karena embel embel Motorola saja, meski sebenarnya sudah dibeli oleh Lenovo. Jadi jangan membayangkan hape ini seperti hape Motorola jaman dulu yang terkenal handal dan wah. Anggap aja ini Motorola versi Lenovo hihihi.
Mengapa saya bahas Moto E3 yang sudah usang? Karena saya masih memiliki hape ini yang sudah tidak terpakai karena jujur aja lemot banget dan tidak ada update firmware lagi. Karena alasan tersebutlah, saya mulai oprek hape ini buat mainan bocah di rumah.
Da…

Install Android SDK (ADB) di Linux

Setting ADB @ Linux
Download Android SDK
Extract android-sdk_r08-linux_86.tgz /home/mboisker/android-sdk-linux_86 (misal saya copy ke directory tsb)
Install Java
$sudo apt-get install openjdk-6-jre-headless
$sudo gedit ~/.bashrc Tambahkan : #AndroidDev PATH PATH=$PATH:/home/mboisker/android/android-sdk-linux_86/tools export PATH PATH=$PATH:/home/mboisker/android/android-sdk-linux_86/platform-tools export PATH
Restart ADB $sudo /etc/init.d/udev restart
Buka android $android
Jika tidak terbuka :
$PATH=$PATH:/home/mboisker/android/android-sdk-linux_86/tools Setelah Android SDK and AVD Manager terbuka, pilih Installed Packages dan install Android SDK Platform-tools untuk menambahkan tools adb dan lain-lain. Setelah selesai bisa dicek di /home/mboisker/android/android-sdk-linux_86/platform-tools apakah sudah ada file adb, ddms, dll
$sudo vi /etc/udev/rules.d/51-android.rules (tabel) #Acer SUBSYSTEM=="usb", SYSFS{idVendor}=="0502", MODE="0666" #Dell SUBSYSTEM=="usb", SYSFS…