Langsung ke konten utama

Come Back Dengan Motorola Moto E3

Setelah sekian lama vakum dengan menulis, kali ini saya kembali lagi dengan tulisan mengenai Motorola Moto E3. Sebenarnya Moto E3 ini hape lama, yaitu tahun keluaran tahun 2016. Moto E3 ini di Indonesia dikenal dengan Moto E3 Power, karena memang mengandalkan baterai yang besar di jamannya.
Sebenarnya hape ini tidak bagus bagus amat dan tidak jelek jelek amat sih untuk ukuran harga segitu. Namun kalo dibanding dengan hape xiaomi yang harganya sekelas seperti Redmi Note 4 ya pasti lebih bagus xiaomi. Moto E3 ini menang karena embel embel Motorola saja, meski sebenarnya sudah dibeli oleh Lenovo. Jadi jangan membayangkan hape ini seperti hape Motorola jaman dulu yang terkenal handal dan wah. Anggap aja ini Motorola versi Lenovo hihihi.
Mengapa saya bahas Moto E3 yang sudah usang? Karena saya masih memiliki hape ini yang sudah tidak terpakai karena jujur aja lemot banget dan tidak ada update firmware lagi. Karena alasan tersebutlah, saya mulai oprek hape ini buat mainan bocah di rumah.
Dan akhirnya setelah bergonta ganti ROM atau firmware, ketemulah ROM yang cocok dan lumayan stabil untuk penggunaan sehari hari. ROM tersebut saya dapatkan di forum xda yang merupakan rujukan para pengoprek android dunia. Sebenarnya tidak banyak pilihan ROM untuk Moto E3 ini. Mmakanya dari beberapa gelintir ROM yang terbatas tersebut, saya berani merekomendasikan ROM Unofficial Resurrection Remix 5.8.5 dengan android Nougat versi 7.1.2.
Saya ga perlu bahas lengkap, karena lengkapnya sudah ada di forum tersebut. Di sini cuma saya sampaikan langkah-langkah untuk instalasi ROM tsb. Dan anggap aja Moto E3 masih belum pernah diapa apain alias masih utuh menggunakan ROM atau firmware bawaan (alias masih belum pernah root).

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
  1. Backup data
  2. Komputer sudah terinstall ADB dan Fastboot
  3. Komputer sudah terinstall driver Moto E3 untuk ADB dan Fastboot
  4. Download file TWRP
  5. Download file ROM yang berasal dari forum xda
  6. Download file Google Apps dengan cara pilih : platform ARM, Android 7.1, variant pico, selanjutnya download dengan menekan tombol merah (panah kebawah).
  7. Unlock Bootloader, caranya bisa dibaca di sini
  8. Install TWRP, caranya bisa dibaca di sini cukup baca instalasi TWRP saja ya
  9. Install ROM yang berasal dari forum xda
  10. Install Google Apps
  11. Restart dan tunggu sampai masuk ke dalam tampilan android nougat 7.1

Terima kasih dan bisa kita diskusikan di sini

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Install Firefox 4 beta di Ubuntu

Fitur utama dalam Firefox 4 beta :
New Tab
Sync (mirip dengan google chrome)
New Manage Add-Ons

Buka terminal, dan jalankan perintah berikut :

sudo add-apt-repository ppa:ubuntu-mozilla-daily/ppa
sudo apt-get update
sudo apt-get install firefox-4.0

Install Android SDK (ADB) di Linux

Setting ADB @ Linux
Download Android SDK
Extract android-sdk_r08-linux_86.tgz /home/mboisker/android-sdk-linux_86 (misal saya copy ke directory tsb)
Install Java
$sudo apt-get install openjdk-6-jre-headless
$sudo gedit ~/.bashrc Tambahkan : #AndroidDev PATH PATH=$PATH:/home/mboisker/android/android-sdk-linux_86/tools export PATH PATH=$PATH:/home/mboisker/android/android-sdk-linux_86/platform-tools export PATH
Restart ADB $sudo /etc/init.d/udev restart
Buka android $android
Jika tidak terbuka :
$PATH=$PATH:/home/mboisker/android/android-sdk-linux_86/tools Setelah Android SDK and AVD Manager terbuka, pilih Installed Packages dan install Android SDK Platform-tools untuk menambahkan tools adb dan lain-lain. Setelah selesai bisa dicek di /home/mboisker/android/android-sdk-linux_86/platform-tools apakah sudah ada file adb, ddms, dll
$sudo vi /etc/udev/rules.d/51-android.rules (tabel) #Acer SUBSYSTEM=="usb", SYSFS{idVendor}=="0502", MODE="0666" #Dell SUBSYSTEM=="usb", SYSFS…