Featured Post

Menambah Memory (RAM) Pada Android Dengan Swap Memory (Root Only)

[Koleksi] Smartphone Dengan 2 Layar (Dual Screen) Pertama Di Indonesia

Di jaman sekarang rasanya hampir semua orang sudah memiliki smartphone atau ponsel pintar. Dari keseluruhan ponsel pintar yang beredar mungkin hanya ada 2 pilihan yaitu berbasis Android dan berbasis IOS. Untuk yang berbasis Android maka akan banyak dijumpai beragam merk dan tipenya, sedangkan yang berbasis IOS hanya ada iPhone dengan beberapa generasi.

Untuk smartphone yang berbasis android banyak sekali model yang dipasarkan, bahkan ada beberapa model yang mempunyai desain yang unik. Memang tidak semua model smartphone dipasarkan secara resmi di Indonesia. Dari beberapa model yang menurut saya unik adalah smartphone dengan dua layar (dual screen). Jadi smartphone tersebut memang memiliki 2 layar yang berukuran hampir sama dan beda dengan beberapa smartphone yang memiliki 2 layar yang salah satunya berukuran mini.

Sebelum smartphone dengan 2 layar seperti Samsung Galaxy Fold ataupun Vivo Nex Dual hadir dengan desain dan kecanggihan layar lipat dan dua layarnya, sebenarnya sudah ada smartphone dengan 2 layar yang beredar di Indonesia kurang lebih pada tahun 2011 dengan diawali oleh "Kyocera Echo" yang sebenarnya masuk secara tidak resmi dari "Amerika" melalui toko online internasional seperti "ebay" dan lain-lain. Dan pada tahun 2016 ada "YotaPhone 2" yang merupakan smartphone dari "Rusia" masuk secara resmi ke Indonesia.

kyocera echo
Koleksi Kyocera Echo
Kyocera Echo adalah smartphone android dengan model dua layar dan memiliki engsel yang bisa dibuka tutup serta bisa diatur layarnya dengan bermacam-macam posisi. Sedangkan YotaPhone 2 adalah salah satu smartphone yang mempunyai dua layar depan belakang dengan ukuran hampir sama, namun layar belakangnya adalah berjenis e-ink atau layar hitam putih. Layar jenis e-ink ini sangat bermanfaat ketika membaca ebook terutama di malam hari.
Layar YotaPhone 2
Koleksi YotaPhone 2

Untuk saat ini Kyocera Echo sudah tidak bisa digunakan karena keterbatasan jaringan, karena menggunakan jaringan CDMA yang sudah lama berganti menjadi LTE. Sedangkan YotaPhone 2 sampai saat ini masih tersedia di pasaran dan memang masih bisa digunakan karena sudah support LTE. Namun jangan berharap lebih meskipun YotaPhone 2 bisa digunakan, tetapi untuk OSnya hanya tersedia sampai Android 6.0.1  (Marshmallow).

Saat ini harga YotaPhone 2 di beberapa toko online sudah sangat murah, bahkan yang bekas sudah bisa ditebus dengan harga 1 juta rupiah. Bagi anda yang suka mengkoleksi hape unik, mungkin YotaPhone 2 bisa dijadikan koleksi. Biasanya YotaPhone 2 yang dijual masih menggunakan Android 4.4.4 tetapi sebenarnya bisa diupgrade ke Android 6.0.1 agar lebih nyaman digunakan.

Spesifikasi Kyocera Echo bisa dilihat di sini, sedangkan untuk spesifikasi YotaPhone 2 bisa dilihat di sini. Dan mungkin beberapa pembaca di sini masih ada yang menggunakan YotaPhone 2 dengan versi Android 4.4.4 atau Android 5.0.0 anda bisa melakukan upgrade ke Android 6.0.1 dengan membaca tutorial update firmware YotaPhone 2.

Komentar