Featured Post

Menambah Memory (RAM) Pada Android Dengan Swap Memory (Root Only)

Fix Error Root / Jail Broken Pada Aplikasi Octo Mobile (Go Mobile) CIMB Niaga

Bagi pengguna aplikasi mobile banking (Go Mobile) CIMB Niaga yang sekarang berubah nama menjadi Octo Mobile CIMB Niaga yang menggunakan handphone Android atau iPhone terkadang ditemukan error "We notice that you are trying to access OCTO Mobile from a Rooted / jail broken device". Memang aplikasi tersebut didesain sedemikian rupa agar benar benar aman bagi pengguna, sehingga resiko terjadinya pembajakan melalui aplikasi berbahaya yang memanfaatkan celah "rooted / jail broken".

Apakah ada cara untuk mengakali aplikasi Go Mobile atau Octo Mobile CIMB Niaga agar tetap berjalan pada handphone yang sudah rooted / jail broken ? Ya sebenarnya ada beragam cara untuk "sampai ke Roma". Cuma saya ga akan membahasnya di sini.

Satu satunya jalan yang benar untuk menggunakan aplikasi tersebut adalah mengembalikan handphone anda ke kondisi semula atau ke kondisi tanpa rooted / jail broken. Karena jika tetap memaksa menggunakan aplikasi tersebut dengan kondisi rooted / jail broken dan ketika suatu saat rekening anda mengalami pembajakan, mungkin pihak Bank akan dengan mudah menyalahkan anda karena menggunakan aplikasi mobile banking pada handphone rooted / jail broken.

Akan tetapi ada sejumlah kasus pada handphone Android yang sudah dihilangkan root nya dan sudah di flash dengan firmware original, namun masih tetap saja muncul error "We notice that you are trying to access OCTO Mobile from a Rooted / jail broken device". Saya sempat berpikir apakah aplikasi ini mengetahui kalo handphone saya sudah "unlock bootloader" atau karena saya menggunakan recovery dengan semacam TWRP yang jamak digunakan oleh beberapa orang yang menggunakan handphone Android. Pikir saya kok canggih banget ya aplikasi ini.

Saya rasa tidak mungkin ada aplikasi yang bisa baca apakah handphone menggunakan TWRP atau "unlock bootloader" tanpa akses root. Dan saya berkesimpulan pasti ada sesuatu di dalam aplikasi yang menggunakan logika sederhana.

Akhirnya iseng buka buka explorer dan menemukan ada satu folder "TWRP" di dalam storage Android yang biasanya berisi file backup ROM. Selanjutnya saya coba "hapus folder TWRP" tersebut karena saya curiga ini sebagai biang kerok atau triggernya.

Dan setelah saya menghapus folder TWRP tersebut, kemudian saya buka lagi aplikasi mobile banking CIMB Niaga dan hasilnya voilaaa sukses masuk tanpa error.

Kesimpulannya adalah aplikasi mobile banking CIMB Niaga ini juga melakukan scanning terhadap storage apakah menyimpan file atau folder yang dianggap "berbahaya". Jadi jika ada folder atau file dengan nama seperti root atau TWRP dan sejenisnya sebaiknya dihapus atau direname saja dengan nama yang aman.

Silahkan tambahkan komentar jika berhasil maupun tidak, biar nanti jadi bahan diskusi selanjutnya.

Komentar

  1. Nice info, ternyata ngaruh juga itu folder TWRP,awalnya sudah hide root menggunakan magisk,tapi masih detect,saya pikir Octo ini yg canggih bgt sampe bisa detect pdahal app bank biru aja ga detect, ternyata setelah delete folder TWRP langsung bisa masuk ke mobile banking nya.
    Thanks bro

    BalasHapus
    Balasan
    1. dan mungkin saja ada beberapa nama selain TWRP yang dianggap ga aman juga berpotensi masalah

      Hapus
  2. Juragan Andro07 Mei, 2020 15:33

    Nice Info , tp Padahal permission storage nya saya block kok bs aplikasi nya scaning TWRP. Keren juga ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah itu dia keren juga developernya

      Hapus
    2. ane blm berhasil gan
      folder twrp ga ada trus sdh di hide ma magisk tpi masih kebaca,mandiri online lolos,link aja lolos,tpi octo ga lolos

      Hapus
    3. Pakai TWRP kån? Coba aja cek lewat file manager nya TWRP terus di folder sdcard, cari aja di situ.

      Hapus
    4. sdh gan aku cek di explorer tidak ada folder2 yg mencurigakan,ada id tele ga gan idku @kebanting tolong bantu gan,aku mo kirim gbr

      Hapus
  3. wookéé tèngkyu
    wèkku tak rename aé

    BalasHapus
  4. Terima Kasih!

    BalasHapus
  5. Halo kak. saya juga udah sukses setelah hapus folder TWRP.
    Namun kalau HP setelah 10 menit mati sendiri kemudian saat charge juga ga ada response di screen apa pengaruh delete foldernya?
    Kondisi saya pakai stock ROM.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. seharusnya tidak berpengaruh
      2. pakai stock rom kok via TWRP, kan enak pakai custom rom
      3. cobak ganti pakai cusrom

      Hapus
    2. Kalo mati sendiri itu yakin bukan baterainya? Kalo dicharge ga ada tanda tanda, terus nge-charge gimana? Mungkin port atau komponen terkait power ada yang bermasalah.

      Hapus
  6. infonya bermanfaat banget gan, udah sejak mereka update yang bikin aplikasi ini nge-detect root, bahkan udah diumpetin pake magisk juga kok gak mempan....ternyata dengan step sederhana ini bisa juga pake aplikasinya...terima kasih banyak ya gan

    BalasHapus

Posting Komentar