Featured Post

Menambah Memory (RAM) Pada Android Dengan Swap Memory (Root Only)

Smartphone android adalah salah satu smartphone yang sangat banyak digunakan di Indonesia. Karena dengan smartphone inilah yang mempunyai banyak pilihan dari yang harga murah sampai yang mahal. Pilihan harga tersebut pastinya sesuai dengan spesifikasi teknis yang dipunyai oleh sebuah smartphone android. Biasanya orang berpatokan pada prosesor, memory (RAM) dan storage saja.

Memang dengan berpatokan pada 3 hal tersebut di atas, sudah bisa ditebak bagaimana kinerja (performance) dari sebuah smartphone. Kebutuhan spesifikasi smartphone dari tahun ke tahun semakin tinggi, mengikuti perkembangan operating system dan aplikasinya. Jadi mau tidak mau sebagai user juga dituntut untuk selalu mengikuti perkembangan tersebut.

Biasanya smartphone android yang sudah berumur lebih dari 2 tahun akan mengalami penurunan kinerja (performance), meskipun tidak semua. Penurunan ini dikarenakan kebutuhan prosesor dan memory (RAM) sudah tidak bisa ditangani oleh spesifikasi smartphone android model lama terutama yang mempunyai prosesor dan memory (RAM) terbatas, dan biasanya adalah smartphone kategori low end.

Jadi ketika smartphone android dirasakan sudah mulai lemot atau ngelag, mungkin itu adalah salah satu pertanda untuk mengganti smartphone dengan spesifikasi yang lebih tinggi. Hal ini biasanya dirasakan bagi anda yang rajin update firmware dan aplikasi, karena setiap firmware dan aplikasi baru biasanya membutuhkan penambahan spesifikasi.

Khusus untuk memory (RAM) di android sudah disediakan cara untuk melihat berapa kebutuhan kita, yaitu di menu setting dan pilih memory. Di situ bisa dilihat rata-rata penggunaan memory (RAM) selama 3 jam, 6 jam, 12 jam dan 1 hari. Jadi jika penggunaan rata-rata sudah di atas 80% atau free memory tinggal beberapa MB saja, memang sebaiknya untuk mengganti smartphone dengan spesifikasi memory (RAM) 2x lebih tinggi dari sekarang.

Jika masih belum ingin mengganti smartphone dengan yang lebih baik, maka ada 2 cara untuk mengatasi kekurangan memory (RAM) pada android, yaitu :
  • Mengurangi jumlah aplikasi yang membutuhkan memory tinggi atau membersihkan aplikasi yang menyedot memory seperti grup whatsapp yang banyak anggotanya.
  • Menggunakan swap memory, tapi khusus smartphone yang sudah root.
Untuk yang mempunyai smartphone yang sudah mempunyai akses root, maka tidak ada salahnya untuk mencoba menggunakan swap memory. Dan swap memory sendiri adalah salah satu cara untuk menambahkan memory (RAM) secara virtual dengan menggunakan internal/eksternal storage (sdcard).

Penggunaan swap memory akan sangat membantu terutama pada smartphone yang penggunaan memory sudah 80%. Yang perlu diketahui adalah penggunaan swap memory pada eksternal storage harus menggunakan sdcard minimal class 10, namun akan lebih bagus lagi jika menggunakan internal storage.

Saat ini untuk menggunakan swap memory sudah sangat gampang sekali, karena sudah ada aplikasinya di play store. Salah satu aplikasi swap memory di play store adalah Swapper. Tinggal instal dan create swap dengan sangat mudah, dan jangan lupa maksimal ukuran swap memory adalah 2x memory (RAM). Jadi jika saat ini ukuran memory (RAM) adalah 2 GB, maka besar swap maksimal adalah 4 GB.

Komentar