Featured Post

[Waspada Corona] Jika Tidak Darurat, Sebaiknya Jangan ke Dokter

Tutorial / Cara Parkir Paralel Menggunakan Electronic Parking Brake (EPB) di DFSK Glory 560 dan 580

DFSK Glory 560 dan 580 sudah dibekali dengan Electronic Parking Brake (EPB) sebagai salah satu fitur keamanan yang memudahkan dalam melakukan pengereman ketika parkir. Sesuai namanya sistem pengereman tersebut adalah menggunakan saklar elektrik untuk menggantikan fungsi hand rem (rem tangan) pada kendaraan konvensional.

Sebagai fitur keamanan, Electronic Parking Brake (EPB) di DFSK Glory 560 dan 580 akan otomatis aktif ketika mobil dimatikan, sehingga kita tidak perlu khawatir lupa untuk melakukan pengereman seperti menarik rem tangan pada kendaraan konvensional. Karena begitu mobil dimatikan sistem Electronic Parking Brake (EPB) akan melakukan pengereman otomatis.

Karena Electronic Parking Brake (EPB) otomatis aktif ketika mobil dimatikan, maka akan sedikit merepotkan ketika mobil harus parkir secara paralel. Karena biasanya mobil yang parkir secara paralel dituntut untuk bisa didorong maju ataupun mundur. Namun pihak DFSK tidaklah lupa untuk menonaktifkan Electronic Parking Brake (EPB) ketika mobil harus parkir paralel.

Sebenarnya pada bagian tuas transmisi di DFSK Glory ada fitur Sift Lock, namun ketika dicoba ternyata Sift Lock tersebut kosong dan tidak bisa digunakan untuk parkir paralel. Sehingga satu-satunya cara untuk parkir paralel adalah dengan menonaktifkan Electronic Parking Brake (EPB).

Cara parkir paralel menggunakan Electronic Parking Brake (EPB) di DFSK Glory 560 dan 580 adalah sebagai berikut :
  1. Ketika mobil masih dalam keadaan hidup, injak pedal rem ketika proses sedang berlangsung
  2. Pindahkan tuas transmisi ke N
  3. Tekan EPB selama 3 detik
  4. Lepas EPB (jangan ditekan/ditarik) selama 2 detik
  5. Tekan EPB lagi sampai lampu di EPB berkedip
  6. Ketika lampu di EPB berkedip, tekan tombol STOP engine (tekan tombol STOP bersamaan masih menekan EPB)
  7. Jika berhasil, maka mesin mobil akan mati dan lampu rem parkir di MID tidak menyala.

Catatan :
  • Jika lampu EPB belum berkedip seperti pada nomer 5 di atas, silakan ulangi dari nomer 1. Lampu EPB belum berkedip biasanya karena waktu menekan atau melepas EPB terlalu lama atau terlalu cepat
  • Jika sudah menekan tombol STOP dan lampu rem parkir di MID masih menyala, kemungkinan karena pas nomer 6 tidak sesuai.

Komentar