Featured Post

Menambah Memory (RAM) Pada Android Dengan Swap Memory (Root Only)

Membaca Informasi ECU Mobil Dengan Aplikasi Torque Pro

Bagi para pemilik mobil generasi terbaru pasti sudah pernah mendengar istilah ECU. ECU merupakan singkatan Electronic Control Unit atau bisa disebut dengan perangkat seperti komputer mini yang mengatur seluruh atau sebagian perangkat melalui rangkaian elektronik.

Secara umum prinsip kerja ECU terbagi menjadi 3 bagian, yaitu sensor, controller dan actuator. Sensor berfungsi untuk menangkap sinyal atau paramater terntentu yang kemudian diolah oleh controller dan kemudian disalurkan kepada actuator sebagai eksekutor. Contoh paling sederhana adalah pada beberapa mobil yang canggih sudah dilengkapi dengan sensor hujan, yang ketika sensor menangkap sinyal adanya guyuran air pada kaca depan, maka sensor akan mengirim sinyal ke controller agar diolah sebagai data untuk selanjutnya dikirim ke actuator untuk menyalakan wiper.

Pada kendaraan modern yang dilengkapi dengan beragam fitur, biasanya memanfaatkan ECU untuk mengatur semua fitur-fiturnya secara otomatis. Akan tetapi ada beberapa fitur yang sengaja tidak ditampilkan oleh pabrikan karena alasan tertentu, meskipun sesungguhnya di dalam ECU tersebut sudah memiliki beberapa data yang sebenarnya bisa dimanfaatkan oleh pengguna.

Memang informasi yang ada di ECU hanya bisa dibaca oleh orang yang sudah ahli dan pengalaman serta ditunjang dengan alat untuk membaca maupun menulis informasi ke dalam ECU. Tapi jangan khawatir, sebagai pengguna amatir juga bisa memanfaatkan informasi sederhana yang ada di dalam ECU menggunakan alat pembaca sederhana dan ponsel pintar seperti android.

Jika berminat untuk membaca informasi di dalam ECU bisa menggunakan sebuah alat yang biasanya disebut dengan ELM327 yang ditancapkan pada port OBD. Sesuaikan jenis port yang digunakan dengan di dalam mobil, biasanya mobil terbaru menggunakan jenis port OBD2. Dan untuk terkoneksi dengan ponsel android harus menggunakan ELM327 versi bluetooth.

Untuk aplikasi yang digunakan di ponsel android, sebagian orang menggunakan aplikasi "Torque Pro" yang bisa dibeli di "Play Store". Setelah melakukan instalasi, kita juga bisa menambahkan plugin pada "Torque Pro" tersebut yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Banyak sekali informasi yang bisa ditampilkan di "Torque Pro" diantaranya adalah rata-rata konsumsi BBM, RPM mesin, informasi gas buang, temperatur mesin, kecepatan kendaraan dll. Semua informasi yang tersedia bisa dimanfaatkan sesuai kebutuhan saja.

Untuk bagaimana cara penggunaannya nanti akan saya tulis di artikel selanjutnya atau bisa melalui diskusi.

Informasi Konsumsi BBM di Torque Pro

Komentar