City Car Terbaik Dengan Harga 200 Jutaan Rupiah - mboisker

Breaking

Teknologi & Informasi

14/02/21

City Car Terbaik Dengan Harga 200 Jutaan Rupiah

Mobil dengan dimensi kecil yang beredar di Indonesia saat ini lebih banyak dihuni oleh kelas LCGC dengan segala keterbatasannya. Memang mobil dengan kategori LCGC ini harganya juga disekitar 150 jutaan rupiah. Namun jika ingin mobil kecil yang lebih nyaman dan enak dipandang mata, maka perlu menaikkan budget menjadi 200 jutaan rupiah.

Dengan budget sekitar 200 juta rupiah ada beberapa pilihan mobil kecil yang sebenarnya masuk kategori city car, yaitu Suzuki Ignis, Honda Brio RS dan Daihatsu Sirion. Harga ketiga mobil tersebut beda-beda tipis, namun mempunyai beberapa perbedaan fitur maupun teknologi yang membuat berkendara menjadi lebih aman dan nyaman.



Sebagai contoh di wilayah Jawa Timur, khususnya kota Malang untuk harga tertinggi biasanya adalah yang menggunakan transmisi matik, termurah adalah Suzuki Ignis GX AGS dengan harga Rp.213.500.000 dan Honda Brio RS CVT dengan harga 213.500.000 dan termahal adalah Daihatsu Sirion AT dengan harga Rp.223.225.000. Dengan perbedaan harga yang sangat dekat, yaitu selisih 10 juta rupiah saja dan apalagi jika ditambah diskon tentunya akan membuat pilihan semakin menarik dan bikin bingung.

Jika anda bukanlah seorang fansboy sebuah merk dan melek terhadap spesifikasi dan fitur-fitur yang dibutuhkan, selisih 10 jutaan akan membuat galau untuk menentukan mobil mana yang akan dipinang. 

Berikut perbandingan spesifikasi dari Suzuki Ignis GX AGS vs Honda Brio RS vs Daihatsu Sirion AT :
Suzuki Ignis GX AGSHonda Brio RS CVTDaihatsu Sirion AT
Harga OTR Jatim213.500.000213.500.000223.225.000
RakitanCBU IndiaCKD IndonesiaCBU Malaysia
Dimensi   
Panjang (mm)370038153895
Lebar (mm)169016801735
Tinggi (mm)159514851525
Ground Clearance (mm)180165150
Mesin   
Kapasitas (cc)119711991329
Tenaga (hp)828994
Torsi (nm)113110120
Transmisi   
Jenis TransmisiAGS dengan mode manualCVTAT Konvensional
Lampu   
Lampu Utama DepanLED dengan ProyektorHalogenLED yang bisa diatur ketinggiannya
Fitur Keselamatan   
ABSAdaAdaAda
EBDAdaAdaAda
Air Bag224
VSCTidak adaTidak adaAda
Traction ControlTidak adaTidak adaAda
Fitur Kenyamanan   
Engine Start StopTombol (button)Kunci manualTombol (button)
Lingkar setirTidak dilapis kulitTidak dilapis kulitDilapis bahan seperti kulit sintetis
Pengatur kemudiNaik turun (Tilt)Naik turun (Tilt)Naik turun (Tilt)
Head unitLayar sentuhLayar sentuhLayar sentuh dengan mirroring smartphone
Pengatur jok pengemudiMaju mundur, rebahan dan ketinggianMaju mundur dan rebahanMaju mundur, rebahan dan ketinggian

Sedikit kesimpulan saya adalah :
  1. Transmisi AGS di Suzuki Ignis perlu dicoba dan dibiasakan, karena sejatinya AGS adalah transmisi manual yang sistem koplingnya diatur secara komputer.
  2. Honda Brio RS adalah salah satu city car terbaik dan terlaris di Indonesia. Tapi karena sejatinya Brio RS adalah Brio Satya yang sudah dilengkapi dengan fitur kekinian, tetap saja ada embel-embel Brio seperti halnya Brio LCGC.
  3. Transmisi Brio RS yang menggunakan CVT adalah transmisi terbaik karena dikenal akan kehalusan dalam perpindahan gigi.
  4. Daihatsu Sirion adalah produk CBU dari Malaysia yang secara dimensi sebenarnya tidak cocok untuk masuk kategori City Car, karena di Malaysia masuk kategori Hatchback. Secara dimensi Daihatsu Sirion ini lebih pendek 6 cm dari Honda Jazz dan lebih lebar 4 cm dari Honda Jazz. Jadi Daihatsu Sirion ini pasti lega banget dibanding Suzuki Ignis maupun Honda Brio RS.
  5. Honda Brio RS dengan transmisi CVT menawarkan handling yang lebih bagus dibanding Suzuki Ignis ataupun Daihatsu Sirion.
  6. Mesin yang digunakan Daihatsu Sirion sama persis dengan yang digunakan oleh Daihatsu Xenia 1.3 maupun Toyota Avanza 1.3.
  7. Ground Clearance Suzuki Ignis tergolong tinggi untuk kategori jenis City Car dan ini sangat cocok untuk jalanan berlubang dan banyak polisi tidur.
  8. Daihatsu Sirion mempunyai keunggulan fitur paling lengkap dan kabin yang super lega karena pada dasarnya adalah mobil berjenis hatchback.
  9. Sebelum memutuskan membeli, sebaiknya lihat dan test drive ketiga merk mobil tersebut. Oh iya khusus Daihatsu Sirion mungkin hanya beberapa dealer yang mempunyai unit untuk test drive.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar