Mengatur Koordinat Lokasi Di Komputer Windows - mboisker

Breaking

Teknologi & Informasi

16/08/20

Mengatur Koordinat Lokasi Di Komputer Windows

Ketika kita berselancar / browsing di internet dan melakukan pencarian melalui search engine seperti google biasanya secara otomatis akan disuguhkan informasi sesuai dengan dimana kita tinggal. Hal seperti itu sebenarnya bagus karena kita bisa mendapatkan informasi sesuai dengan lokasi kita berada.

Namun terkadang kita pingin mendapatkan informasi yang lebih akurat di suatu daerah tertentu yang belum kita kunjungi. Sebagai contoh adalah ketika kita tinggal di surabaya dan melakukan pencarian tentang hotel, maka yang akan disuguhkan pertama kali adalah hotel-hotel yang berada di sekitar Surabaya. Akan tetapi jika kita tinggal di Surabaya, namun akan melakukan pencarian tentang hotel di India mungkin akan sangat susah untuk mendapatkan informasi yang jelas, kecuali dengan menyebutkan nama daerahnya misal "hotel di India".

Jika kita melakukan pencarian melalui smartphone seperti Android, maka hal tersebut di atas bisa kita akali dengan menggunakan aplikasi "Fake GPS" untuk menyamarkan lokasi kita berada. Namun untuk komputer terutama yang berbasis Windows mungkin akan berbeda caranya, karena sampai saat ini saya juga belum ketemu dengan aplikasi seperti "Fake GPS" di Windows.

Sebenarnya kalau hanya sekedar mengakali lokasi seperti halnya "Fake GPS" untuk browsing di Windows bisa kita gunakan aplikasi Google Chrome atau turunan dari Chromium seperti Microsoft Edge atau Yandex Browser. Sebagai contoh, kali ini saya menggunakan Microsoft Edge. Untuk menggunakan "Fake GPS" di Microsoft Edge for Windows adalah sebagai berikut :

  1. Buka Microsoft Edge
  2. Buka google.com dan search "my location" pasti hasilnya sesuai dengan kondisi saat ini
  3. Tekan Control + Shift + I secara berbarengan
  4. Lihat di bagian kanan dan perhatikan bagian Sensor
  5. Silahkan pilih kota yang diinginkan di bagian Location, jika tidak ada dalam pilihan silahkan pilih other. Jika memilih other, pastikan sudah mengetahui koordinat daerah tujuan dan masukkan Latitude dan Longitude dengan benar
  6. Selanjutnya tinggal tekan F5 untuk refresh halaman dan ulangi beberapa kali sampai lokasi yang diinginkan sudah sesuai
  7. Pastikan halaman google.com dan search "my location" sudah sesuai dengan koordinat daerah yang anda masukkan tadi
  8. Jika lokasi berubah berarti harus melakukan pengecekan dan penyesuaian konfigurasi lagi seperti di atas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar