Cara Convert File .OVA dan .VMDK Menjadi File .VHD - mboisker

Breaking

Teknologi & Informasi

18/09/20

Cara Convert File .OVA dan .VMDK Menjadi File .VHD

Bagi yang sudah terbiasa dengan lingkungan virtual machine (VM), pasti sudah mengenal dengan file ova dan vhd. File ova merupakan singkatan dari Open Virtualization Appliance yang biasanya digunakan di VMware atau Oracle VM VirtualBox. Sedangkan file VHD adalah singkatan dari Virtual Hard Disk yang digunakan oleh Microsoft Hyper-V.

Di dalam prakteknya seringkali ada kebutuhan untuk melakukan migrasi dari sistem satu ke sistem yang lain, misalnya memindahkan virtual machine (VM) berbasis VMware atau Oracle VM VirtualBox ke dalam Microsoft Hyper-V atau sebaliknya. Untuk sistem yang sudah advanced memindahkan virtual machine (VM) bisa berjalan live tanpa perlu mematikan virtual machine (VM) yang sedang berjalan.

Sedangkan untuk cara yang sederhana dalam melakukan migrasi berbeda platform biasanya dilakukan dengan cara convert file. Sebagai contoh convert virtual machine (VM) berbasis Oracle VM VirtualBox dengan file .ova menjadi virtual machine (VM) berbasis Microsoft Hyper-V dengan file .vhd adalah sebagai berikut :

  • Download dan install virtualbox
  • Download dan install 7zip
  • Extract file .ova dengan menggunakan 7zip
  • Setelah file .ova sudah terextract maka akan terdapat file .vmdk yang selanjutnya akan diconvert menjadi file .vhd
  • Convert file .vmdk menjadi .vhd dengan perintah seperti berikut : "C:\Program Files\Oracle\VirtualBox\VBoxManage.exe" clonehd --format vhd "D:\namafile.vmdk" "D:\namafile.vhd"
  • Jika sukses, selanjutnya adalah tinggal create virtual machine dengan menggunakan virtual hard disk D:\namafile.vhd
  • Selesai



Tidak ada komentar:

Posting Komentar