Promo Tambah Daya PLN Ramadhan Peduli April 2021 - mboisker

Breaking

Teknologi & Informasi

08/04/21

Promo Tambah Daya PLN Ramadhan Peduli April 2021

Berita terkait dengan promo PLN yang bertema Ramadhan Peduli rupanya sangat menarik perhatian publik. Karena dalam promo tersebut ada iming-iming program tambah daya PLN dengan biaya yang sangat terjangkau. Namun sampai saat ini masih banyak yang bingung bagaimana caranya, karena ketika mencoba melakukan input ubah daya di website atau aplikasi PLN justru yang tertera adalah harga normal.


Berdasarkan penelusuran di berbagai media maupun di akun sosmed PLN promo Ramadhan Peduli terbilang mudah ditemukan. Cuma cara dan syaratnya seperti apa masih sangat kurang jelas. Promo PLN Ramadhan Peduli adalah salah satu promo yang diberikan oleh PLN dengan memberikan diskon atau potongan harga untuk tambah daya dan berlaku sampai dengan 31 Mei 2021.


Berawal dengan keisengan, sayapun coba menelusuri di website PLN dan saya perhatikan pelan-pelan, maka kesimpulan sementara adalah konsumen harus membeli Renewable Energy Certificate (REC) melalui website PLN. Dan sampai saat ini saya juga masih belum tau wujud dari Renewable Energy Certificate (REC) seperti apa, tetapi mungkin seperti donasi saja. Selanjutnya setelah membeli Renewable Energy Certificate (REC) tersebut nanti akan mendapat kode voucher yang bisa digunakan untuk diskon biaya perubahan daya.


Cara mengikuti promo PLN Ramadhan Peduli untuk mendapatkan Diskon Perubahan Daya PLN adalah sebagai berikut :

  1. Buka website https://layanan.pln.co.id/renewable-energy-certificate dan pilih daftar. Kemudian isi email, nama, nomer ponsel, kata sandi dan lakukan daftar.
  2. Selanjutnya tunggu kode OTP melalui email terdaftar untuk verifikasi, dan proses menunggu kode OTP ini ternyata butuh waktu beberapa menit dan tidak secepat kilat.
  3. Kemudian masukkan kode OTP tersebut di menu pendaftaran tadi.
  4. Silakan buka lagi https://layanan.pln.co.id/renewable-energy-certificate dan lakukan login.
  5. Kemudian buka website https://layanan.pln.co.id/setting-profile dan lakukan update data pembelian REC.
  6. Selanjutnya buka lagi website https://layanan.pln.co.id/renewable-energy-certificate dan pilih Beli REC.
  7. Kemudian akan diarahkan ke website https://layanan.pln.co.id/renewable-energy-certificate/kategori dan di bagian Ramadhan Peduli silakan pilih Beli Sekarang.

  8. Kemudian akan diarahkan ke website https://layanan.pln.co.id/renewable-energy-certificate/pembelian-ramadhan dan kemudian akan tampil pilihan pembangkit dan itu harus dipilih yang akan memunculkan total yang harus dibayar sebesar Rp.115.500 dan pilih Beli (klik sekali saja, karena memang tidak muncul proses apa-apa lagi).

  9. Selanjutnya tunggu melalui email yang berisi kode pembayaran yang harus dibayar melalu Bank atau Kantor Pos.

  10. Kemudian bayar tagihan tersebut, kebetulan saya bayar melalui BNI Mobile melalui menu pembayaran, terus pilih Listrik, kemudian pada jenis layanan pilih PLN Non Taglis. Selanjutnya masukkan nomor registrasi 13 digit yang sudah dikirimkan melalui email tadi.
  11. Setelah dilakukan pembayaran, silakan tunggu kode voucher diskon 10 digit yang dikirim melalui email, kira-kira lebih lama dibanding menunggu kode OTP.
  12. Sesuai instruksi melalui email, pelanggan harus melakukan download dan install aplikasi PLN Mobile di Android ataupun Iphone.
  13. Setelah install PLN Mobile, sebaiknya lakukan verifikasi akun melalui bagian profil dengan melakukan upload KTP dan foto diri.
  14. Setelah akun sudah terverifikasi, maka sudah bisa menggunakan menu Layanan Listrik, yang diantaranya adalah pasang baru dan ubah daya.

  15. Untuk ubah daya, pilih menu Layanan Listrik dan nanti pilih Ubah Daya.
  16. Kemudian akan diminta untuk memasukkan ID Pelanggan, alamat, daya yang diinginkan, keperluan, token dll.
  17. Hasil akhirnya adalah akan muncul perhitungan pembayaran, dan jangan lupa untuk memasukkan kode voucher diskon yang didapatkan dari email agar mendapatkan biaya ubah daya setelah diskon menjadi Rp.202.100.

  18. Kemudian pilih Submit Permohonan dan nanti akan muncul detail permohonan dengan nomor registrasi 13 digit yang harus segera dibayar melalui Bank atau Kantor Pos.
  19. Selanjutnya silakan bayar permohonan tersebut, yang caranya sama persis dengan pembayaran pembelian Renewable Energy Certificate (REC) di atas.

  20. Setelah dibayar, silakan tunggu konfirmasi melalui email yang berisi "Permohonan Mutasi Perubahan Daya Dilunasi".

  21. Sampai dengan proses ini harusnya sudah selesai dan tunggu petugas PLN untuk datang ke rumah melakukan perubahan daya sebagaimana mestinya. Dan kebetulan tidak sampai 2x24 jam petugas PLN sudah datang untuk melakukan proses perubahan daya dengan cepat sekali.

Untuk pembayaran Tagihan PLN Non Taglis sampai saat ini masih terbatas hanya bisa dilakukan melalui ATM dan mobile banking tertentu atau Kantor Pos. Yang sudah saya coba ada menu pembayaran PLN Non Taglis adalah sebagai berikut :
  1. BNI Mobile
  2. Octo Mobile Niaga
  3. Tokopedia
  4. Bukalapak
  5. Kantor Pos

5 komentar:

Anonim mengatakan...

cara pake mbanking bca gmn om ?

mboisker mengatakan...

Mbanking BCA maupun Mandiri belum bisa om, mungkin bisa dicoba menggunakan BNI atau Octo Mobile Niaga atau bisa juga pake tokopedia. Yang penting ada pilihan Non Taglis.

aureclaudya.blogspot.com mengatakan...

pada opsi token di ubah daya itu apakah ada batas minimalnya?

mboisker mengatakan...

seingat saya ada pilihan 20.000

D mengatakan...

Terima kasih, sangat membantu *thumbsUp*

Posting Komentar